Alur Pengaduan: Gambar di bawah ini adalah visualisasi dari alur pengaduan yang berlaku di Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar. Alur ini dirancang untuk memudahkan masyarakat dalam melaporkan berbagai permasalahan terkait urusan kesehatan, sehingga setiap keluhan dapat ditangani secara efisien dan transparan. Dengan tahapan-tahapan yang terstruktur, diharapkan setiap pengaduan dapat diproses dengan cepat dan tepat sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Visualisasi ini juga memastikan bahwa setiap laporan diterima dengan baik dan direspon secara profesional demi kesejahteraan bersama.
Penanggungjawab pengaduan: dr. CHRISTINE INDRAWATI, M.Kes. KEPALA DINAS KESEHATAN Jl. Semeru No.50, Kepanjen Lor, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur 66112
Pengaduan melalui website dapat mengikuti petunjuk dibawah ini:
Anda dapat menyampaikan pertanyaan, pengaduan atau keluhan layanan melaluiformulir keluhan layanan. Silakan periksa halaman ini secara berkala. Aduan, keluhan, atau pertanyaan Anda akan mendapatkan tanggapan dan ditampilkan dalam tabel di bawah ini dalam waktu maksimal 3 hari kerja. Terima kasih.
Daftar aduan masyarakat:
Daftar Keluhan
No
Tanggal Pelaporan
Alias
Laporan
Tanggal Tanggapan
Tanggapan
Bukti Tanggapan
1
28/06/2021
Ha
Antrian SPM menimbulkan kerumunan
28/06/2021
Selamat pagi, sudah kami lakukan pembatasan jarak antrian. Terimakasih.
2
10/07/2021
Iz
Apakah tidak ada layanan vaksin khusus untuk pondok pesantren? Agar tidak perlu keluar dari pondok
11/07/2021
Selamat pagi, saat ini sudah mulai dilakukan vaksinasi dengan sasaran masyarakat umum dan remaja, dengan adanya keterbatasan vaksin yang diterima maka pemberian vaksinasi bertahap dan bergantian menyesuaikan prioritas, ditunggu saja. Terimakasih
3
27/07/2021
Ch
Mohon solusinya saya KTP Wlingi Blitar karena kerja saya vaksin 1 sinovac di plembang, kmudian tgl 14 Juni saya kembali ke rmh, seharusnya tgl 2 Juli vaksin 2, tapi blm dapat , sudah lapor ke puskesmas sudah hampir sebulan blm dapat vaksin mohon solusinya
28/07/2021
Selamat pagi, pada prinsipnya tidak masalah jika vaksinasi dosis 2 dilakukan oleh faskes di kab blitar walaupun vaksin 1 di luar wilayah, berhubung memang adanya keterlambatan datangnya vaksin 2 sehingga semuanya jadwalnya mundur, silakan tetap komunikasi dengan puskesmas terdekat sehingga bisa dijadwalkan oleh puskesmas tersebut. Terimakasih.
4
19/10/2021
AR
Selamat siang, saya P.Arif dari kota Blitar, mau melaporkan. tanggal 14 kemarin ada Vaksinasi Massal di KanKab Blitar, saya ikut untuk Vaksin Dosis ke 2 SINOVAC, tapi saya sampai hari ini belum mendapatkan Sertifikat Vaksin ke 2, dan belum muncul di Pedulilindungi, berhubung Vaksin ini dilaksanakan di Kab blitar saya melapor ke DINKES Kab Blitar, bagaimana inggih, karena memang ini penting untuk bisa perjalanan kantor? mohon dijawab, karena FASKES yang bisa saya hubungi tidak ada kecuali di DINKES setempat. terima kasih ini saya lampirkan bukti Vaksin dan file terkait
25/11/2021
Salam sehat, terkait data vaksinasi di aplikasi satu sehat biasanya memang membutuhkan beberapa waktu. Adapun aduan terkait data vaksinasi bisa disampaikan melalui email sertifikat@pedulilindungi.id (format dapat dilihat pada link bukti tanggapan) atau melalui layanan chat BOT whatsapp Kemkes RI pada nomor 081110500567. Terimakasih.
5
25/11/2021
CI
Selamat sore Pak/ibu mohon saya dibantu untuk menghapus tiket vaksin saya di Aplikasi Pedulindungi, karena saya sudah vaksin hari ini di Puskesmas Doko, Dan juga kok status vaksinasi saya di Aplikasi pedulilindungi kok masih merah ya padahal saya sudah di vaksin hari ini terima kasih
26/11/2021
Selamat sore, terkait permasalahan pada pedulilindungi mohon untuk mengirim email ke kementrian kesehatan, dengan format dapat dilihat pada file bukti tanggapan. Terimakasih.
6
25/11/2021
Di
Selamat malam.saya mau menanyakan apakah benar di RSUD srengat ada info lowongan kerja.tetapi info utk alamat lowongan yang akan dituju kurang begitu jelas.sy mendapatkn file berupa PDF dr teman saya.
26/11/2021
Selamat malam. Sampai tanggal tanggapan ini dibuat, link untuk melakukan pendaftaran memang belum dibagikan. Info lebih lanjut dapat langsung ke website resmi RSUD Srengat. Terimakasih.
7
11/12/2021
Au
Pelayanan di puskesmas kanigoro kurang memuaskan. Dalam memberikan arahan selalu berbicara dg nada yg tinggi jauh dari kata ramah, tidak sabar mendengarkan keluhan pasien. Bertanya dg nada yg kasar. Hal tersebut mempengaruhi kenyamanan pasien dalam berobat, atau meminta rujukan FKTP.
14/12/2021
Selamat pagi. Kami mohon maaf untuk pelayanan yang kurang memuaskan, adapun keluhan sudah kami tindak lanjuti. Terimakasih.
8
15/12/2021
Su
Saya dan anak saya yang kedua sudah masuk pada JKN KIS. Bagaimana prosedur agar suami dan anak saya yang pertama bisa pengajuan JKN KIS juga?! Sedangkan satu tahun lalu saya sudah pengajuan ke kelurahan tapi sampai saat ini tidak ada respon jawaban
16/12/2021
Selamat siang. Saat ini yang berwenang dalam mengusulkan kartu JKN KIS di tingkat Kabupaten adalah Dinas Sosial bersumber dari data usulan desa/kelurahan. Mohon maaf, silahkan berkoordinasi dengan Dinas Sosial atau dapat mengunjungi Desa untuk mengetahui status pengajuan yang sebelumnya sudah dilakukan. Terimakasih.
9
20/12/2021
Ve
Saat antri vaksin, orang tua dan ibu hamil ikut mengantri dengan yg lain, seharusnya di prioritaskan untuk orang tua dan ibu hamil terlebih dahulu
20/12/2021
Selamat sore, salam sehat. Baik, masukan kami terima dan segera kami lakukan perbaikan. Terimakasih.
10
05/01/2022
Si
Saya domisili Surabaya. Dan hari ini jadwal kontrol saya yg sakit TBC Dan obat tidak boleh telat sedangkan obat saya hari ini yg terakhir. Saya sudah ke rs Dan katanya kartu bpjs saya yg PBI tidak aktif Dan harus mengurus ke dinas kesehatan sesuai ktp saya yaitu di Blitar. Saya harus bagaimana? Apakah bisa mengurus online hari ini? Apabila saya harus ke Blitar dulu Dan mengurus berkas untuk mengaktifkan bpjs itu, obat saya bagaimana? Obat saya tidak boleh telat. Terimakasih
05/01/2022
Salam Sehat, Ibu dapat meminta surat rujukan dari Rumah Sakit guna melanjutkan pengobatan di puskesmas. Selanjutnya silahkan mengunjungi puskesmas setempat untuk mendapatkan pelayanan dan obat TBC secara gratis. Dengan demikian pengobatan tidak terputus. Terimakasih.
11
18/01/2022
Da
Coba cek apotek Tirta farma jl gajahmada wlingi apoteker wisnu almin..keluhan beli obat expired awal tidak di ganti dan meyakinkan bahwa obat aman..kemudian komplain baru di beri yg tidak expired..di kawatirkan ada konsumen lain yg beli obat yg lain2 dan tidak tau.trimaksih
18/01/2022
Salam Sehat, baik laporan kami terima untuk segera ditinjaklanjuti. Kami senantiasa melakukan bimbingan dan pengawasan terhadap Apotek. Terimakasih.
12
21/01/2022
kh
selamat siang bapak ibu yang saya hormati,saya selaku warga Blitar,saya ingin mengadu kepada dinkes blitar.bahwasanya tanggal 4 desember 2021 saya melahirkan anak ke 3 saya di klinik utama an-nisa wlingi Blitar.dan karna keterbatasan ekonomi saya, pembiayaan persalinan saya masih kurang,saya dan anak saya diperbolehkan pulang tapi KTP suami dan KTP saya di sita dan juga surat lahirnya anak saya.sampai saat ini saya dan suami belum bisa memberi kekurangan.sedangkan KTP dan surat lahir masih di perlukan untuk pembuatan akta lahir dan keperluan lainya.dan sampai saat ini anak saya belum bisa posyandu karena belum ada buku perkembangan ibu dan anak yang berwarna merah muda itu.saya memohon sekali kepada pihak dinas kesehatan kabupaten Blitar bisa mencarikan solusi kepada saya dan anak saya.terima kasih banyak atas waktu dan kesempatan saya mengadu.semangat dan jaya selalu untuk Dinkes kabupaten Blitar Jawa timur.
21/01/2022
Salam Sehat, Keluhan sudah kami terima dan telah kami teruskan ke tim yang menangani. Mohon menunggu Tim menghubungi bapak/ibu. Terimakasih
13
27/01/2022
RE
Saya mau menanyakan penyuluhan ke desa dusun” di kec kesamben blitar tentang ank” berkebutuhan khusus,karna keponakan saya masih berada di sekolah biasa,karna ketidak tahuan orang tuanya dan saya tidak punya kapasitas lebih untuk menjelaskan ke keluarga besar karna saya hanya ipar ..tp saya ga bisa diem kasihan anaknya…,Mohon maaf klo saya salah atau keliru mengeluh di sini,karna say gak tau harus berbuat apa dan minta bantuan siapa.. Sepengatahuan awam saya, kponakan ini down syndrom
28/01/2022
Salam Sehat, Keluhan sudah kami terima dan telah kami teruskan ke tim yang menangani. Mohon menunggu Tim menghubungi bapak/ibu. Mungkin akan terjadi keterlambatan mengingat nomor HP yang bapak/ibu berikan tidak dapat dihubungi. Silahkan mengirim ulang nomor telpon yang dapat dihubungi / Whatsapp pada keluhan layanan ini. Terimakasih
14
29/01/2022
Ch
Ini kasus tetangga saya, tetangga saya atas nama Bapak Su***to. Saat ini sedang dirawat di RS swasta di srengat. Mulai masuk IGD kemarin malam sekitar pukul 19:00 tgl 28 januari. Dengan diagnosa awal ANEMIA dengan kondisi HB darah hanya 5, sempat pingsan 2x dirumah sakit. Sampai pagi tadi sudah transfusi darah 1 Kantong dan akan dilakukan transfusi yang ke dua tadi sekitar pukul 9 pagi ( pada saat saya disana). Tetangga saya tidak punya bpjs mandiri. Dan ternyata KIS juga tidak / belum terjangkau dari jangkauan pemerintah. Padahal keadaan ekonomi masih butuh perhatian. Pekerjaan buruh harian lepas. Hidup masih menumpang dengan mertua. Dan punya seorang anak yang butuh perhatian khusus (disabilitas).Saya Sudah mencoba untuk datang dan konsultasi ke RSUD untuk masalah perawatan dan terutama pembiayaan dan mendapat jawaban belum bisa membantu dengan jalur SPM. dengan alasan yang mungkin bisa saya jelaskan jika saya dihubungi oleh pihak Dinkes. Disini saya mengadu untuk bisa mendapatkan solusi, minimal jawaban atas kasus yang dihadapi oleh tetangga saya tersebut. Terima kasih.
31/01/2022
Salam Sehat, Dengan berat hati kami menyampaikan bahwa jika yang bersangkutan dirawat pada Rumah Sakit Swasta maka Dinas Kesehatan tidak dapat membantu. Mohon kiranya untuk dapat minta dirujuk ke RSUD Srengat sehingga bisa mengajukan keringanan biaya. Terimakasih.
15
07/02/2022
ag
mohon kalau melayani masyarakat itu di kepegawaian jangan sewena wena jangan marah marah saya cuma tanya mutasi
08/02/2022
Salam Sehat, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi dan sangat berterimakasih atas masukan yang diberikan. Kami akan berusaha agar kedepan menjadi lebih baik lagi. Terimakasih.
16
12/02/2022
Pu
Anak saya bayi 10 bulan positif Covid-19 dan di rawat di Ruang Isolasi RSI Aminah Blitar dan keadaan cukup membaik.. tapi saya kaget dan heran karena bayi saya di satuin ruangannya dengan orang dewasa dan gejala yg berat.. saya pindah minta ruang isolasi katanya penuh, saya memepertanyakan pihak RS apa tidak ada ruang khusus isolasi anak karena saya masih kasian dengan anak saya kalau disatuin sama org dewasa..
14/02/2022
Salam Sehat, mohon maaf untuk RSI Aminah Blitar berada diluar ranah Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, mengingat faskes tersebut berlokasi di Blitar Kota. Sehingga bantuan terbaik yang dapat kami berikan adalah meneruskan keluhan tersebut kepada Dinas Kesehatan Kota Bitar. Terimakasih.
17
16/02/2022
Ap
Kenapa surat pencabutan SIPA saya belum selesai selesai ya? Padahal saya sudah entry melalui si princess tgl 3 februari 2022 dan berkas sudah dikumpulkan melalui sekretaris IAI. Sampai hari ini kata sekretaris belum ada kabar lagi dari dinkes. Apa memang begitu lama ya untuk pelayanan surat pencabutan SIPA? Jadi untuk memastikan, hari ini saya entry data lagi di si princess. Mohon ditindak lanjuti
16/02/2022
Salam Sehat, sementara kami masih proses pengelolahan dan perencanaan tenaga untuk tahun 2022 dan 2023, oleh karena itu meskipun pengurusan terkait SIP/SIPA per bulan Februari masih berjalan namun dalam pelaksanaannya masih mengalami halangan, mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi, kami senantiasa berusaha sehingga dalam waktu dekat bisa kembali lancar. Terimakasih.
18
20/02/2022
No
Saya mau menanyakan terkait KIS, dalam 1 KK yang tidak mendapatkan hanya saya harusnya kan dalam 1 KK mendapat semua. Sudah melapor ke Desa sampai saat ini tidak ada tanggapan mohon solusinya. Terima kasih
21/02/2022
Salam Sehat, Laporan telah kami teruskan ke tim yang menangani, mohon menunggu tim akan segera menghubungi. Terimakasih
19
10/03/2022
El
Kami berencana untuk membuka Toko Obat, bagaimana prosedurnya mohon petunjuk dan saran dari Bapak Ibu, terimakasih
11/03/2022
Salam Sehat, untuk prosedur / alur pengajuan toko obat berizin dapat dilihat pada laman pada bukti tanggapan (tekan lihat bukti). Terimakasih
20
14/06/2022
HE
Hasil vaksin ke 3 tidak muncul di peduli lindungi
14/06/2022
Salam Sehat, terkait sertivikat vaksin ke 3 yang tidak muncul bisa dicoba dengan memasukan tanggal vaksin pertama. Ada kasus dimana ketika yang dimasukan tanggal vaksin pertama maka ketiga sertivikat akan muncul. Jika masih tidak bisa, mohon kesediannya untuk mengirim email kepada kementrian kesehatan dengan format pada file bukti tanggapan (klik link kolom bukti tanggapan). Terimakasih semoga membantu.
21
06/07/2022
Ha
Pelayanan Luambat, seharusnya bisa lebih cepat untuk pelayanan poli KIA puskesmas Wlingi… Ada yg nunggu dari pagi sampai siang, masih belum dipanggil. Kasihan ibu-ibu yg sedang hamil…
06/07/2022
Salam Sehat, aduan telah kami sampaikan kepada pimpinan dan pihak terkait untuk menjadi bahan evaluasi bagi kami demi pelayanan yang lebih baik. Terimakasih atas aduan yang diberikan.
22
25/07/2022
Ri
anak saya sudah umur 10 bulan, sudah 2 kali dapat informasi imunisasi 9 bln campak tapi setiap datang di tunda2.. trkhir hari ini katanya suruh bln depan lgi, katanya kalau skrg di imunisasi jadi menyalahi aturan krn tdk mengikuti program, ntah program apa yg dimaksud,, bagi saya jadeal imunisasi kluar dan tertunda trs.. ini sudah kedua kalinya, kenapa kok pelayanannya buruk seperti ini,
28/07/2022
Salam sehat, keluhan kami terima dan akan segera kami teruskan kepada kepala puskesmas sehingga dapat dilakukan tinjak lanjut. Terimakasih.
23
03/08/2022
Si
Selamat siang, saya mau mengubah data diri saya yg sesui dengan tanda pengenal. Nama dan tempat lahir dan lainnya di sini keliru, yang benar hanya NIK saja. Saya mau mengajukan perubahan data tersebut yang sesuai dg KTP dan KK saya, karena ini mempengaruhi data diri saya di sertifikat vaksin, dan mengakibatkan sertifikat vaksin saya tidak tersedia di peduli lindungi. Berikut bukti ketidaksamaan profil data.
04/08/2022
Salam sehat, setelah kami konfirmasi ke BPJS, untuk melakukan perubahan data silahkan datang ke kantor bpjs atau menghubungi Pandawa BPJS melalui nomor Whatsapp 08118165165. Terimakasih
24
19/08/2022
M
Saya mau tanya mengenai kartu kis orang tua jika belom pernah di pakai apakah masih aktif
19/08/2022
Salam sehat, keluhan sudah kami terima dan segera ada petugas yang menghubungi. Terimakasih
25
21/08/2022
AR
Selamat malam. Saya keluarga kurang mampu. Dan mendapat bpjs dari pemerintah. Sedangkan yang sakit dan di rawat anak kedua saya. Belum masuk anggota bpjs. Saya tanya pada pihak rumah sakit untuk mengurus SPM sudah tidak ada. Mohon bantuanya !! Terima kasih
22/08/2022
Salam sehat, keluhan sudah kami terima dan segera ada petugas yang menghubungi. Terimakasih
26
21/09/2022
er
Saya mau merunah alamat kartu kis , gimana caranya
21/09/2022
Salam sehat, untuk mengganti alamat kartu KIS dapat menggunakan aplikasi Mobile JKN melalui menu perubahan data peserta. Terimakasih
27
06/10/2022
Ag
Program jamkesda apakah masih ada dan bagaimana cara mengurusnya
17/10/2022
Salam sehat, mohon dapat dijelaskan lebih detail jamkesda yang dimaksud apakah SPM atau yang seperti apa. Silahkan melakukan konsultasi pada staf kami yang ahli pada bidang tersebut dinomor yang telah kami kirimkan melalui whatsapp. Terimakasih.
28
14/10/2022
Ar
Selamat pagi. Kami ingin melaporkan keluhan terkait pelayanan di Pkm Nglegok. Pkm selaku pelaksana pelayan dasar kesehatan bagi masyarakat kami harap utk selalu memberikan pelayanan prima. Salah satunya terkait keramahan petugas. Yg kami alami hari ini adalah petugas administrasi di bagian pendaftaran yg kurang ramah. Dan hal ini beberapa kali kami rasakan. Utk petugas yg lain sdh cukup baik dan ramah dlm mmberikan pelayanan.Mohon kiranya untuk diberikan evaluasi agar masyarakat nyaman dan puas dgn pelayanan di pskemas.
14/10/2022
Salam sehat, keluhan sudah kami terima dan segera kami tindak lanjuti dengan melayangkan teguran secara tertulis kepada puskesmas terkait. Terimakasih sudah menyampaikan keluhan dan ikut andil dalam pelayanan kesehatan yang lebih baik.
29
15/10/2022
An
Tolong di sidak msalh perawat desa karanggondang udanawu.ada perawt yang brani pasang infus di rumah pasien tanpa harus ke puskesmas atau rumah sakit.dan bnyak perawat yang gk mau jaga jadi pada waktu jaga di ganti orang lain dan membayar 50 rbu
17/10/2022
Salam sehat, keluhan sudah kami terima dan segera kami tindak lanjuti dengan melayangkan teguran secara tertulis dan/atau pembinaan kepada puskesmas terkait. Terimakasih sudah menyampaikan keluhan dan ikut andil dalam pelayanan kesehatan yang lebih baik.
30
15/10/2022
Dw
Tolong di tindak lanjuti perawat ASN di puskesmas karanggondang udanawu yang brinisial L A sering mrawat ato infus orang di rumah pasien buak di puskesmas atao di rumah sakit.dan tolong di sidak msalah jaga siang malam banya k yang jaga bukan jadwalnya jdi istilahnya mmbayar orang untuk jaga perawat.masalh infus di rumah di bawah naungan perawat inisia S.kami tidak ada barang bukti sbuah poto tapi saya tau pasien2 nya yng di tangani
17/10/2022
Salam sehat, keluhan sudah kami terima dan segera kami tindak lanjuti dengan melayangkan teguran secara tertulis dan/atau pembinaan kepada puskesmas terkait. Terimakasih sudah menyampaikan keluhan dan ikut andil dalam pelayanan kesehatan yang lebih baik.
31
17/10/2022
Af
Mohon bantuannya untuk konfirmasi pendaftaran NIRA PPNI saya untuk pembuatan STR baru. Terima kasih
17/10/2022
Salam sehat, untuk pembuatan STR baru bukan kewenangan dari Dinas Kesehatan melainkan kewenangan dari Organisasi Profesi dalam Hal ini PPNIDinas Kesehatan hanya berwenang untuk penerbitan Surat Ijin Praktik (SIP). Mohon untuk bisa menghubungi organisasi profesi terkait. Terimakasih
32
17/10/2022
Ha
Mohon untuk di tindak lanjuti untuk pelayanan kesehatan dsa temenggungan trkadang jm 11 jm 12 sudah ttup bukanya jam kerja sampai jam 2..tolong msalh absen nasuk kerja dan pulang kerja haris di updet soalnya lokasi bisa di rekayasa.jdi bisa pulang sewaktu waktu dan absen bisa di mana saja
17/10/2022
Salam sehat, keluhan sudah kami terima dan segera kami tindak lanjuti dengan melayangkan teguran secara tertulis dan/atau pembinaan kepada puskesmas terkait. Terimakasih sudah menyampaikan keluhan dan ikut andil dalam pelayanan kesehatan yang lebih baik.
33
18/10/2022
An
Saya meminta maaf masalh laporan saya tgl 17 msalh jam kerja di pelyanan kesehatan.saya salah ketik desa temenggungan yang seharusnya temanggung….skli lagi sya klrifikasi dan saya meminta maaf ats kekeliruan ketik saya…salam sehat
18/10/2022
Salam sehat, mohon maaf kami kesulitan menemukan lokasi ‘Temanggung’ yang dimaksud, mohon untuk bisa menjelaskan lebih detail tentang alamat lokasi. Alamat lengkap dapat dikirim melalui formulir keluhan layanan di atas. Hingga konfirmasi/penjelasan lebih lanjut diberikan kami akan menganggap keluhan sebelumnya sebagai keluhan yang benar. Terimakasih.
34
02/11/2022
Ri
Istri saya hendak mengurus SIPP instansi perawat diminta surat keterangan domisili, padahal KTP kab blitar. Sesuai keterangan di web siaprinces surat domisili hanya diperuntukkan bagi mereka yg KTP diluar blitar.Saya bbrp waktu yg lalu sdh mengurus SIPP instansi perawat juga tp tdk dimintai surat keterangan domisili.Kok bisa beda2 persyaratannya pdhl utk tujuan yg sama?Yg kami urus itu kan SIPP instansi yg tdk berafiliasi dgn tempat tinggal kami krn instansi kami juga tdk pindah tempat, kecuali mgkn utk pengurusan SIPP mandiri diminta surat keterangan domisili itu wajar sbg validasi pendataan tempat praktek mandiri
03/11/2022
Salam sehat, mohon maaf atas kendala yang terjadi, petugas kami akan segera menghubungi saudara. Terimakasih.
35
04/11/2022
Mo
Tolong di sidak dadak. Ayo di tindak lanjuti malah di Poskedes ato polindes karna ada gak semua kayaknya tapi ada kasian yang kerjanya jujur tepat waktu.msalh jam kerja.ada pulang gk tepat jadi bisa mengakali masalah lokasi absen.jadi bisa absen di mana saja gk harus di Poskedes ato di puskesmas induk.toling msalh aplikasi absen di updet kasian yang kerjanya jujur dan gaptek.saya tidak menbut desa mana tapi stidaknya bisa di coba msalh absen lokasi
15/11/2022
Salam sehat, saran masukkan sudah kami terima dan kami sampaikan pada bidang terkait. Adapun kami kesulitan menghubungi saudara melalui nomor yang dikirimkan sehingga tidak bisa menggali lebih detail tentang masalah ini. Terimakasih
36
21/12/2022
Ni
Saya mau tanya : kenapa pas pemeriksaan pribadi HIV dan Sipilis untuk laki2 tidak bisa dilakukan? Padahal rata2 agent penularnya laki2 dan wanita yang jadi korbannya. Padahal itu untuk data pribadi sebelum menikah untuk kenyamanan pikiran, karena pergaulan anak sekarang cenderung bebas.
22/12/2022
Salam sehat, terkait pemeriksaan HIV bisa dilakukan untuk laki-laki dan perempuan secara gratis di puskesmas (Membayar biaya tiket/loket), mohon diinfokan lokasi puskesmas yang menolak untuk melakukan pemeriksaan HIV bagi laki-laki sebagai bahan klarifikasi kami. Sedangkan untuk sifilis, program pemeriksaan sifilis gratis dari pemerintah memang hanya untuk pasangan yang wanita hal ini berkaitan dengan program ANC/BUMIL sehingga diharapkan anak yang lahir kelak tidak terkena sifilis. Adapun untuk laki-laki boleh melakukan pemeriksaan Sifilis di Laboratorium luar dengan biaya mandiri. Terimakasih.
37
23/12/2022
Nu
asalamualaikum. saya atas nama SUPANGAT suami dari Nurul yulaikah. saya dari kuluarga kurang mampu, saya belum punya kartu KIS . kemaren saya sudah ngurus kartu KIS ke bidan desa, di suruh ke pukesmas nglegok, di suruh bawa kk ,ktp , surat pajak tanah, nmer rekening listrik, surat pengantar dari Rt, semua sudah komplit. terus saya setor ke kantor desa,katanya sudah tutup dari bulan oktober 2022. terus bisa proses lagi pertengahan januari 2023. terus bisa jadi paling cepet 3 bulan lagi. sedang kan istri saya nurul yulaikah usia kandunganya 7 bln lebih satu minggu . saya dari keluarga sangat kurang mampu. tolong bantuan nya buat bantu persalinan istri saya . bagaimana saya bisa mengurus kartu kis buat bntu istri saya nurul yulaikah . perkiraan febuari pertengahan melahirkan. mohon bantuanya dinas terkait.
23/12/2022
Salam sehat, setelah kami cek berdasarkan dokumen yang saudara kirimkan, untuk data tersebut sudah masuk dalam daftar penerima bantuan iuran kesehatan kami, dan sudah kami ajukan. Jika tidak ada kendala pertengahan bulan Januari 2023 sudah terbit. Terimakasih
38
27/12/2022
Za
Keluhan adanya kandang ayam didekat pemukiman/rumah yg mengakibatkan banyak lalat hijau, bau, yg dikwatirkan menyebabkan penyakit dan lingkungan jd ga sehat di ds Tunjung Udanawu blitar mohon pemantauan dan sosialisasi khususnya bagi ketentuan pendirian peternakan bagi kesehatan linkungan
27/12/2022
Salam sehat, terkait keluhan adanya kandang ayam yang dikhawatirkan bisa mengganggu lingkungan merupakan ranah dari Dinas Lingkungan Hidup untuk itu kami harapkan saudara bisa melapor melalui Kepala Desa setempat sehingga bisa diteruskan pada Dinas Lingkungan Hidup. Namun demikian masalah akan tetap kami koordinasikan pada seksi Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar. Terimakasih.
39
01/01/2023
RO
Mohon untuk di tindak lanjuti.Saya memiliki 3 saudara kandung( 1 perempuan & 2 laki-laki), saudara perempuan (usia 38) hanya ibu rumah tangga ,sedangkan 2 saudara laki-laki ( usia 30 & 32 tahun )mengidap ganguan jiwa hampir 10 tahun lebih, dari pihak keluarga sudah melakukan berbagai upaya pengobatan alternatif hingga melapor pihak kelurahan untuk membantu pengobatan tetapi hasilnya tetap nihil. Dari sisi ekonomi, hanya ibu dan saya yang bekerja, ibu saya berusia 59 tahun bekerja di warung kopi yang hasilnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja, sedangkan saya berusia 25 tahun bekerja di surabaya yang hasilnya tidak dapat memenuhi kebutuhan pengobatan kedua saudara saya.Harapan saya DINAS KESEHATAN KABUPATEN BLITAR dapat memberi bantuan.Posisi saudara saya yg mengalami ganguan jiwa tinggal bersama ibu & kakak perempuan, saya hawatir terjadi yang tidak diinginkan, karena di rumah hanya ada ibu dan kakak perempuan serta anaknya yg berusia (2 & 3 tahun),sedangkan saya jarang pulang karena jarak yg jauh serta perkerjaan yg tidak bisa di tinggal.
02/01/2023
Salam sehat, laporan saudara sudah kami teruskan ke bagian terkait. Mohon bersabar petugas kami akan segera menghubungi saudara. Terimakasih.
40
25/01/2023
Yu
Permisi mohon ijin sebelumnya Bapak/Ibu.Saya disini cuma mau mengadukan tentang pengambilan surat rujukan untuk puskesmas Srengat digunakan ke RSUD. Tolong dikasih efek jera untuk karyawan beserta dokter di Puskesmas Srengat. Karena sangat disayangkan,kami mau minta surat rujukan untuk RSUD malah Dipersulit dan penjelasannya tidak masuk akal.Saya minta tolong kepada bapak ibu dinas. Berikan efek jera kepada Puskesmas Srengat agar hal seperti ini tidak terulang kembali. Karena jelas ini menghambat proses Pengontrolan Nenek saya. Terima Kasih saya tunggu kabar baiknya
27/01/2023
Salam sehat, petugas kami akan menghubungi saudara guna menggali masalah tersebut lebih dalam. Terkait proses rujukan dari Puskesmas sendiri harus melihat apakah penyakitnya masih dapat ditangani oleh Puskesmas atau tidak, mengingat jika masih bisa ditangani Puskesmas namun dilakukan rujuk pasti dapat teguran dari BPJS. Kecuali ada riwayat perawatan dari Puskesmas tapi tidak kunjung sembuh maka pasien tersebut bisa dirujuk ke faskes lanjutan. Terimakasih atas keluhan yang saudara sampaikan.
41
29/03/2023
no
Assalamualaikum, Izin bertanya. Untuk membuat nira di kabupaten blitar bayar berapa ya?Terimakasih 🙏
26/04/2023
Salam sehat, untuk pembayaran Nira sebesar Rp 360.000 dibayar via virtual account setelah melakukan pendaftaran melalui website ppni, alur pendaftaran anggota baru ppni dapat dilihat pada lampiran yang kami berikan pada kolom bukti tanggapan. Terimakasih
42
06/04/2023
Al
Izin konfirmasi. Saya Alfany, kemarin tanggal 17 Maret 2023 sudah melakukan vaksinasi dosis 4 (Booster 2) di Puskesmas Kecamatan Sutojayan, Kab. Blitar, namun masih belum muncul data vaksinasi saya di aplikasi SATU SEHAT. Saya sudah mencoba menghubungi helpdesk via WA & Call namun tidak ada respon….
26/04/2023
Salam sehat, terkait data vaksinasi di aplikasi satu sehat biasanya memang membutuhkan beberapa waktu. Adapun aduan terkait data vaksinasi bisa disampaikan melalui email sertifikat@pedulilindungi.id (format dapat dilihat pada link bukti tanggapan) atau melalui layanan chat BOT whatsapp Kemkes RI pada nomor 081110500567. Terimakasih.
43
21/04/2023
Hi
Halo kak selamat malam, saya ingin bertanya, saya belom vaksin booster pertama, saya ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai vaksin booster pertama yang ada di daerah kabupaten blitar,
26/04/2023
Salam sehat, terkait informasi jadwal vaksinasi di Kabupaten Blitar secara rutin kami update melalui highlight instagram kami. Terimakaasih
44
06/05/2023
Pu
Hallo! Untuk ketersediaan vaksin apakah belum ada sampai saat ini? Sudah lama saya cari vaksin di Blitar tapi belum ketemu. Terimakasih
08/05/2023
Salam sehat, untuk saat ini memang stok persediaan vaksin sangat terbatas karena persediaan vaksin untuk Kabupaten Blitar tergantung alokasi vaksin dari dinas kesehatan Provinsi Jawa Timur. Adapun khusus stok vaksin pfizer sudah tidak ada lagi, diganti dengan inavac/indovac namun baru tersedia di puskesmas mulai hari rabu minggu ini tanggal 10 Mei 2023. Jadwal pelaksanaan vaksinasi rutin kami bagian melalui media sosial Instagram @dinkes_blitarkab. Terimakasih
45
08/05/2023
Su
Terdapat pengisian galon yang perlu di pertanyakan kualitas air nya, di karena kan kami 1 rumah minun air galon dari depot pengisian air galon tersebut.Kami 1 rumah sakit, tenggorokan tidak nyaman.Kami sebelumnya selalu minum air rebusan, setelah 2-3 harian minum air dari pengisian galon tersebut, kami pun sakit.Tolong bpk/ibu, cek kualitas pengisian air galon iniLokasi V5RW+2J7, Sekardangan, Papungan, Kec. Kanigoro, Kabupaten Blitar, Jawa Timur 66171.
09/05/2023
Salam sehat, terimakasih atas laporan yang saudara berikan, akan segera kami tindaklanjuti. Untuk mempermudah tindak lanjut mohon mengisi kembali dengan identitas nama dan nomor HP saudara dengan benar sehingga bisa kami hubungi untuk dilakukan pengecekan juga dirumah saudara.
46
29/05/2023
Sh
Pd th 2022 …tgl bulan saya lupa …saya mengajukan bikin kartu indonesia sehat di balai desa saya sumberingin sanankulon Blitar 66151 .dah 1 th kok gak jadi gimana ya…..pd hal saya butuh itu untuk berobat ke Rumah sakit ….gimana ini….mohon penjelasan nya….saya dah tak tahan lagi nih dng sakit saya ….mohon penjelasan nya napa dah 1 th gak jadi kis nya……kesal saya oya apa lagi slama ini saya juga tak pernah dpt BLT …pening lah dah segitu aja aku tunggu …lewat sms aja di w a dulu…jangan langsung telpn….pasal saya nomer tak ku kenal.langsung aku blok lebih baik sms …maaf makasi aku tunggu …
29/05/2023
Salam sehat, Mohon berkenan mengirim Foto KTP dan KK untuk mempermudah pelacakan. Foto tersebut bisa dikirim melalui “Formulir Keluhan Layanan” di atas lalu diunggah pada bagian “Bukti Pendukung”. Terimakasih.
47
29/05/2023
An
Selamat siang.Saya ingin mengajukan pertanyaan. Saya ingin mengurus BPJS kesahatan untuk keperluan kelahiran.Saya mendaftar melalui online JKN Mobile tapi tidak bisa karena nomor KK sudah terdaftar. Karna kepala keluarga sudah mempunyai KIS dari pemerintah. Saya ingin menambahkan anggota via aplikasi JKN Mobile juga tidak bisa. Apakah ada cara lain agar saya bisa mendaftar melalui Online.Saya ingin ke kantor BPJS tp terkendala waktu dan keadaan sudah masuk kehamilan trimester ke 3.Tolong bantuannya terima kasih.
29/05/2023
Salam sehat, Mohon berkenan mengirim Foto KTP dan KK untuk mempermudah tindak lanjut. Foto tersebut bisa dikirim melalui “Formulir Keluhan Layanan” di atas lalu diunggah pada bagian “Bukti Pendukung”. Terimakasih.
48
16/06/2023
Yu
Halo, saya mau tanya terkait mekanisme mendapatkan vaksin pencegahan penyakit rabies bagaimana? Dan untuk lokasinya di Blitar dimana? Terimakasih
19/06/2023
Salam sehat, Mekanisme untuk mendapatkan vaksin anti rabies adalah merupakan seorang pasien yang tergigit oleh Hewan yang merupakan kategori hewan pembawa virus rabies seperti anjing, kucing, kera atau kelelawar. Jika ada orang yang tergigit oleh hewan tersebut dapat memeriksakan dirinya ke RSUD Ngudi Waluyo Wlingi atau RSUD Srengat, nantinya berdasarkan pemeriksaan, dokter yang akan memutuskan bisa diberikan vaksin anti rabies atau tidak. Terimakasih.
49
12/07/2023
DE
mohon maaf izin bertanya,untuk proses SIPA dari pengajuan di si princes berapa lama nggeh? karena sudah mengisi dan sesuai syarat dari aplikasi si princes dari hari kamis tanggal 6 juli 2023
13/07/2023
Salam sehat, SIPA selesai diproses maksimal 7 hari kerja sejak usulan masuk, mohon kesediaan untuk menunggu. Terimakasih.
50
29/08/2023
Ma
bridging pcare sering bermasalah, mengganggu pelayanan, keterangan erver bpjs down tetapi Entry lewat pcare langsung bisa
29/08/2023
Salam Sehat, mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Mohon dapat dipahami bahwa bridging dan entri data langsung melalui pcare merupakan 2 mekanisame yang berbeda. Bridging menggunakan API, yakni mekanisme yang memungkinkan dua komponen perangkat lunak untuk saling berkomunikasi menggunakan serangkaian definisi dan protokol, sedangkan entri pcare tidak menggunakan API alias entri secara langsung. Pada kasus yang saudara laporkan, terjadi masalah pada API untuk memasukkan data ke pcare melalui aplikasi lain, API tersebut dikelola oleh BPJS. Terimakasih atas laporan saudara, akan kami teruskan ke BPJS.
51
31/08/2023
Ag
Mohon kepada sdk mohon jangan ngecing orang saya sudah bersedia mutasi pkm slumbung saya diam 1.saya d pingpong masalah naik tingkat ukom katanya dl harus buat rembut dl saya bersedia mundur 2024 ternyata kmren mas eka datang harus ukom baru buat rembut atau rumah2.saya mau kuliah karena ada permrnepan baru menyatakan boleh pkm d isi perawat ahli s1 kami mengusulkan tp d tolak mas eka g tau alasan kongkritnya jangan membodohi kami apa perawat cukup d3 d pkm buktinya d RS d poli bisa s1 tidak melayani px rawat inap dan d pkm pasien banyak dan banyak penyakit dan masalah komplek yang harus d atasi 3.saya mutasi batu tidak boleh Sa ya diam dl katanya harus minta rembut dsana tp asalannya blitar kekurangan saya diamTp buktinya perawat masuk blitar banyak masak saya g bisa mutasi saya bekerja juga sudah lama saya pernah d operasi bedah d wajah saya punya penyakit ht dan asma kalau dingin kambuh kalau saya PP batu slumbung tidak kuat apalagi anak saya juga punya sakit asma nurun saya kalau dingin sering kambuh kita bekerja demi keluarga kan ya saya ttp mengabdi bagi negara tp mohon kerelaannya saya merasa d zolimi karena saya jongos g kenal orang pusat tp jangan gt melayani anggotanya kita sesama nakes mohon hargai katanya ada tata nilai beraklak meningkatkan kopentensi mohon d bantu jawab k WA saya g aoa apa saya Terima jika saya salah
01/09/2023
Salam sehat, terima kasih untuk keluhan, saran dan masukkan yang saudara berikan. Akan segera kami tindak lanjuti.
52
12/09/2023
Ni
Apakah bida melaporkan apotik yang menjual vitamin kedaluwarsa?
13/09/2023
Salam sehat, masyarakat bisa melaporkan apotek melalui form keluhan layanan di website atau sosial media resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar lainnya. Mohon untuk dapat dilampirkan bukti dukung berupa foto produk (dalam kasus ini vitamin) dan informasi tempat pembelian produk (nama apotek dan alamat lengkap). Terimakasih.
53
19/09/2023
Ri
Anak saya baru Opname di RS Medika Utama dengan BPJS kelas 1, dan sudah 1x kontrol. Lalu untuk kontrol berikutnya, dokter di RS memberi surat pengantar untuk minta rujukan di Faskes pertama yaitu Puskesmas Garum! Bukannya dikasih rujukan, puskesmas justru memberi obat antibiotik dll! Apakah ketika sudah diberi pengantar dari dokter spesialis di RS, puskesmas tidak bisa memberi rujukan?
21/09/2023
Salam sehat, sesuai prosedur BPJS, setelah kontrol rawat inap (Kontrol MRS) untuk rujukan selanjutnya memang melalui pemeriksaan di Puskesmas. Selanjutnya puskesmas yang menilai, jika pasien dirasa memiliki kondisi stabil, bisa diterapi dan obat tersedia di puskesmas maka cukup dilakukan terapi di puskesmas dengan kata lain tidak perlu diberikan rujukan ke Rumah Sakit. Terimakasih
54
16/10/2023
M.
Saya hanya ingin mengeluhkan pelayanan yang ada di PUSKESMAS GARUM.Bulan juli 2023 lalu istri saya melakukan persalinan di Puskesmas Garum. Dan disitu jelas ada pamflate/poster yang tertulis “Apabila melakukan persalinan dipuskesmas akan dibuatkan Akta kelahiran,KK dan bisa membuatkan BPJS untuk anak”Setelah 3 bulan berlalu, Akta kelahiran dan KK juga tidak kunjung jadi, Setelah anak Saya opname beberapa hari lalu, Saya coba konfirmasi Pihak puskesmas mengenai BPJS yang dijanjikan, pihak puskesmas bilang kalau BPJS mandiri tidak bisa kalau BPJS dari pemerintah bisa.Kenapa tidak bicara dari awal, jelaskan secara detail dari awal? Kenapa harus berkelit kalau ditanya mengenai Akta/KK, selalu bilang masih dalam proses pembuatan?Tolonglah kalau emang tidak bisa yaudah, tidak perlu berkelit sana sini hanya untuk mempertahankan Citra Puskemas. Dengan selalu berkelit, yang ada kemarin saya memasukan ke Rumah sakit lewat umum dan tidak punya NIK, hanya data nama saja.Semoga pengaduan Saya ini memberi perubahan untuk Puskemas itu sendiri.Karena sudah banyak yang mengaharap Dijadikan akta ternyata Sampai berbulan bulan tidak dijadikan.Sekian dan terima kasih.
17/10/2023
Salam sehat, mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Keluhan akan kami teruskan ke bidang terkait, saudara akan segera dihubungi. Terimakasih.
55
09/12/2023
A
Izin bertanya saya ingin melakukan studi pendahuluan untuk mendapatkan data penyakit yang saya inginkan apakah ada atau tidak di kabupaten Blitar, itu saya mengajukannya dimana nggeh?Sedangkan di form yang tersedia hanya ada form untuk penelitianTerimakasih sebelumnya 🙏
11/12/2023
Pengajuan permintaan data guna studi pendahuluan maupun penelitian dapat dikirimkan secara online melalui https://lapakdinkes.blitarkab.go.id/rekom-penelitian . Terimakasih
56
11/12/2023
Ri
Ada vitamin yang akan di bagikan ke posyandu. Setelah saya cek expired nya Januari 2024, tanpa tanggal. Setelah tanya ke kadernya, kata petugas Puskesmas masih boleh diberikan! Karena setau saya 3bulan sebelum expired, harusnya obat sudah di retur atau tarik edar!
03/01/2024
Salam sehat, batas akhirnya obat yang masih memenuhi syarat baku sesuai ketentuan pharmakope Indonesia dinyatakan dalam bulan dan tahun. Sehingga dapat dipahami bulan berarti hingga berakhirnya batas waktu bulan yg tertera dalam kemasan/leflet/brosur yg menyertai, dalam kasus saudara, obat masih dapat diberikan hingga akhir Januari 2024. Terimakasih
57
16/12/2023
Da
Di wilayah saya banyak nyamuk, apakah saya bisa mengajukan fogging.karena saya takut nyamuk dbd
03/01/2024
Salam sehat, admin kami akan menghubungi saudara untuk menanyakan alamat lengkap wilayah dimaksud untuk mempermudah tindak lanjut. Terimakasih
58
24/01/2024
Fe
konsultasi terkait sisdmk ke operator atas nama Habib, tetapi balasan terkesan tidak ramah dan kurang pas, mohon kedepannya bisa menjawab pertanyaan dg lebih sopan dan lebih ramah
24/01/2024
Salam sehat, kami dengan tulus meminta maaf atas ketidaknyamanan konsultasi SISDMK yang saudara alami. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan dan memberikan pengalaman yang lebih baik di masa depan. Terima kasih untuk saran dan masukkannya, akan menjadi pelajaran agar kami melayani lebih baik lagi.
59
22/03/2024
ch
saya ingin melaporkan terkait pengurusan SIP pertama saya….jelas” di syarat yg ada tertuang memakai STR yg masih berlaku dan surat keterangan dari tempat kerja….tapi saya di WA dari pihak dinkes kab blitar meminta sertifikat kompetensi…dan hasilnya saya disuruh uji kompetensi ulang….lucu sekali….STR saya aktif sampai 2028 malah disuruh uji kompetensi ilang
25/03/2024
Salam sehat, kami meminta maaf atas ketidaknyamanan yang telah saudara alami. Dengan segera, petugas kami akan menghubungi saudara untuk menindaklanjuti masalah tersebut. Terima kasih atas kesabaran dan kerjasamanya.
60
12/04/2024
Na
Selamat malam.. Maaf apakah bisa dibantu untuk membuat surat keterangan sehat.. Sebab ini adik saya akan balik ke pondok dan posisi tidak dirumah. Apakah bisa membantu untuk membuatnya?
17/04/2024
Salam sehat, mohon maaf kami belum bisa membantu permintaan saudara, dikarenakan untuk pemberian surat keterangan sehat pemohon harus hadir secara langsung. Kami menyarankan agar pemohon dapat mengurus surat keterangan sehat di lokasi tempat berada saat ini. Terimakasih atas pengertiannya.
61
19/04/2024
Ah
Selamat malam, maaf saya bermaksud melaporkan ada beberapa tetangga saya terkena DB, sebelumnya sebelum bulan ramadhan anak saya sendiri terkena DB, sayasudah lapor ke beberapa pihak tapi belum ada respon, mohon untuk tindaklanjut dari dinkes kab blitar, terimaksih..
22/04/2024
Salam sehat, Terimakasih atas informasi yang saudara berikan, petugas kami akan menghubungi saudara untuk menindaklanjuti masalah tersebut. Terimakasih
62
20/04/2024
Mu
Sejak akhir ramadhan sampai sekarang 1 gang sudah 4 anak yg positif DBD , minta tolong untuk diadakan fooging jangan sampai terjadi KLB bikin malu,Lokasi dsn cangkringan kolomayan kecamatan wonodadiDi rs daerah srengat juga penuh pasien kasus db
22/04/2024
Salam sehat. Terima kasih atas informasinya. Tim kami akan segera menghubungi Anda untuk menindaklanjuti masalah yang telah Anda sampaikan. Terima kasih.
63
26/04/2024
Ci
Selamat pagi admin, di desa saya Ngrendeng banyak yang kena demam berdarah. Kapan dilakukan fogging ya?
26/04/2024
Salam sehat, tim kami telah menerima pengajuan pengasapan dari Puskesmas Boro dan segera akan melaksanakan kegiatan tersebut. Terimakasih
64
12/05/2025
Na
Selamat pagi, saya nana dari blitar jawatimur. Saya ingin tanya tanya tentang posyandu.Ini di desa saya ada kader yangbilang ada peraturan JIKA 2X tidak hadir di posyandu otomatis di tulis PINDAH, dan tidak di data. Dan katanya otomatis DI APLIKASI jadi PINDAH. Apakah ini benar program dari atas atau hanya dari posyandu desa saya saja ya? Setau saya, jika ada balita yang tidak datang posyandu otomatis kader datang kerumah, untuk menanyakan kenapa tidak hadir di posyandu atau imunisasi langsung di rumah. Kalau tidak salah seperti itu. Maaf jika saya salah 🙏 Terimakasih 🙏
13/05/2024
Salam sehat, mohon maaf atas kebingungan yang suadara alami. Terkait pertanyaan saudara dapat kami sampaikan informasi sebagai berikut:1. Balita dua kali tidak hadir posyandu bisa dinyatakan pindah, dengan syarat setiap dua kali tidak hadir tersebut sudah dilakukan sweeping, Sehingga diketahui alasan tidak hadir dan/atau dari hasil sweeping tersebut benar-benar dinyatakan bahwa yg bersangkutan memang Pindah Domisili.2. Jika Balita setelah pindah hadir kembali ke posyandu, maka datanya akan dimasukkan kembali dan dicatat sebagai Balita posyandu seperti biasanya.Terimakasih.
65
24/06/2024
Ro
Saya sudah mengisi borang online untuk penerbitan SIP dokter gigi, tapi belum ada feedback lagi via wa atau email dari tgl 6 bagaimana ya?
24/06/2024
Salam sehat. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang anda alami. Kami ingin menginformasikan bahwa data Anda sudah kami terima. Sesuai dengan SOP, proses selanjutnya adalah menunggu pelaksanaan visitasi ke tempat praktik Anda. Kami akan segera menginformasikan jadwal pelaksanaan visitasi melalui nomor WhatsApp yang telah Anda berikan pada SIPRINCES. Terimakasih.
66
30/09/2024
l-
server simpus web terkadang down di hari senin hingga menimbulkan antrian panjang di puskesmas, aplikasinya terkesan masih dalam tahap pengembangan, alangkan baiknya di buat seperti e-puskesmas atau di ganti dengan e-puskesmas (dulu pernah merasakan aplikasi e-puskemas sewaktu praktek di puskesmas panyingiran/cigasong)
01/10/2024
Salam sehat, terima kasih atas masukan yang telah disampaikan. Terkait hal tersebut, kami mohon agar semua pihak terkait dapat melakukan koordinasi dengan baik. Jika ada kesepakatan mengenai penggantian, mohon untuk menyiapkan semua kebutuhan yang diperlukan pada minggu pertama bulan Oktober. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.
67
31/10/2024
Mi
Daftar program stunting untuk anak saya pak,anak saya riwayat bronco pneumonia barat badan 22 bulan hanya 9kg
07/11/2024
Salam sehat, petugas kami telah menghubungi Saudara untuk menindaklanjuti keluhan tersebut. Terima kasih.
68
12/11/2024
Kh
Tolong evaluasi lagi untuk seluruh UPT Puskesmas di kabupaten Blitar, terutama untuk UPT Puskesmas Kademangan yang beberapa petugasnya tidak kompeten
22/11/2024
Salam sehat, terima kasih atas masukan yang Bapak/Ibu sampaikan. Kami telah menghubungi pihak terkait untuk menindaklanjuti hal ini. Masukan tersebut juga akan menjadi bahan evaluasi guna meningkatkan kualitas pelayanan kami. Jika ada hal lain yang ingin disampaikan, kami selalu terbuka untuk mendengarnya. Terimakasih
69
20/11/2024
Su
Maaf,, kami dari keluarga tidak mampu,, saat ini saya sedang hamil 5 BLN,, dan rencana bersalin BLN 3 tahun 2025, dari sebelum hamil saya sudah mengajukan kis ke desa,, tapi sampai sekarang belum ada kabar apapun dari desa, ayah ibu saya sudah mempunyai kis PBI,, tapi saya dan suami belum terdaftar ke kis,, saya masih satu rumah dengan orang tua saya,, yang saya khawatirkan bagaimana biaya persalinan saya nanti jika tidak ada kis atau keringanan biaya rumah sakit jika sewaktu waktu terjadi hal darurat misalnya harus operasi yang mengharuskan mengeluarkan biaya mahal,,
22/11/2024
Salam sehat, Terima kasih atas informasi yang telah disampaikan. Kami sudah menghubungi Bapak/Ibu terkait hal ini dan telah membantu untuk berkoordinasi dengan pihak Puskesmas setempat. Kami akan terus memantau perkembangan agar proses ini dapat berjalan dengan baik. Jika ada hal lain yang perlu disampaikan, kami siap untuk membantu.
70
21/12/2024
AR
Barusan pada tgl 17 desember 2024, saya mengalami dbd dan dirawat selama 4 hari. Kejadian di rumah bence rt 3 rw 1 garum. Mohon untuk ditindak lanjut untuk melakukan foging di area sekitar rumah saya. Agar saya dan masyarakat tenang dalam menjaga kesehatan dan terhindar dari Dbd
21/12/2024
Salam sehat, Terimakasih atas informasi yang telah disampaikan. Kami sangat menghargai perhatian saudara terhadap masalah pencegahan dan pengendalian penyakit. Adapun menanggapi keluhan yang disampaikan, setelah kami melakukan koordinasi dengan Puskesmas Garum, dapat kami informasikan bahwa lokasi penderita tersebut telah dilakukan kegiatan fogging/pengasapan sesuai prosedur. Terimakasih.
71
22/01/2025
Ju
Perlu adanya kegiatan fogging di dusun wonorejo RT 04 RW 01, desa wonorejo, kecamatan talun, kabupaten blitar. Karena banyaknya kasus masyarakat yang terkena penyakit cikungmunya yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Sekian, terima kasih
23/01/2025
Salam sehat, terimakasih atas laporan yang disampaikan, saat ini informasi telah kami teruskan ke puskesmas setempat, unutk kemudian akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan epidemiologi di wilayah terdampak. Terimakasih.
72
26/01/2025
Id
2024 KIS saya masih di faskes 1 Kanigoro,saya rubah di BPJS keliling di depan kantor bupati Kanigoro, Blitar menjadi faskes 1 Ponggok, di BPJS keliling saya diminta i data saya dan nomor telepon Nah pas tgl 12 Januari 2025 saya mau verifikasi nomor telepon di JKN saya, ternyata bukan nomor saya,,,apakah kira kira itu nomor telepon BPJS keliling kah pas waktu pemindahan faskes??
30/01/2025
Salam sehat, Terkait dengan permasalahan perubahan nomor telepon pada aplikasi JKN, kami sarankan agar Bapak/Ibu dapat mengurusnya langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat. Hal ini dikarenakan proses verifikasi dan perubahan data peserta berada di ranah BPJS Kesehatan, bukan di Dinas Kesehatan. Terimakasih.
73
01/02/2025
Ec
Selamat siang pak/bu..Saya mau melaporkan bawasannya di lingkungan Dusun Selorejo RT 005 RW 003 Selorejo Kabupaten Blitar terdapat kasus terkena DBD 2 orang, bisakah fogging di area kami? Kami keluarga sudah lapor desa, katanya menunggu banyak kasus dulu baru bisa fogging, apakah benar begitu? Jadi nunggu banyak korban berjatuhan dulu ya pak/bu baru bisa fogging? Sangat disayangkan ya pak/bu..Mohon pengertian dan kerjasamanya, semoga bisa fogging diarea rumah kami terimakasih banyak🙏🏻
03/02/2025
Salam sehat, terima kasih atas laporan yang telah disampaikan. Perlu dipahami bahwa fogging bukanlah solusi utama dalam mencegah penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD). Pencegahan yang lebih efektif adalah menjaga kebersihan lingkungan, khususnya dengan memastikan tidak ada tempat berkembang biaknya nyamuk, seperti genangan air, bak mandi yang jarang dikuras, atau tampungan air yang tidak tertutup. Oleh karena itu, kami sangat menyarankan penerapan 3M Plus (Menguras, Menutup, dan Mengubur) serta menghindari gigitan nyamuk dengan penggunaan obat nyamuk.Adapun terkait laporan saudara, saat ini Puskesmas Boro telah berkoordinasi dengan pemerintah desa dan akan segera menindaklanjuti laporan. Terima kasih.
74
11/02/2025
fa
selamat pagi pak, izin menanyakan dan melaporkan. hari ini, selasa 11 pebruari 2025 saya mengunjungi puskesmas faskes 1 (puskesmas talun, kab. blitar, jawa timur) untuk bermaksud meminta surat keterangan sehat, surat keterangan sehat, sehat hepatitis B, sehat HIV/AIDS dan juga TBC untuk keperluan persyaratan masuk ke pondok pesantren putri saya. sempat antre 2 jam dan setelah dipanggil ke ruangan klaster II untuk cek tensi, tinggi dan berat lalu dilanjut ke lab, karena informasi di ruangan klaster bisa dilayani kecuali sehat hepatitis B dikarenakan khusus untuk ibu hamil saja. saat setelah sampai di laboratorium saya dan anak dimarahi dan akhirnya ditolak karena tidak diperkenankan tes dan keterangan 3 petugas yang bersangkutan di laboratorium tidak bisa karena tidak ada rujukan gejala, pun harus ke rumah sakit dengan keterangan Medical check+up (biaya mandiri), sehingga kami ditolak untuk mendapatkan surat keterangan apapun. mohon kejelasan atau responnya, apakah memang seperti itu? karena saya mencari informasi kalau tes sebenarnya memang bisa dilayani dengan gratis. terimakasih
12/02/2025
Salam sehat,Yang terhormat Bapak / Ibu. Kami mengucapkan terimakasih atas kepercayaan bapak/ibu atas pelayanan di salah satu puskesmas Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar. Dan kami minta maaf atas ketidaknyamanan yang dialami dengan Pelayanan di puskesmas tersebut. Kami telah meneruskan keluhan bapak/ ibu kepada tim Manajemen Mutu Puskesmas dan Kami akan melakukan monitoring dan evaluasi untuk memastikan hal ini tidak terjadi lagi.Kami informasikan bahwa pelayanan Pemeriksaan Program HIV, Sipilis, Hepatitis B dan TBC di Puskesmas sesuai Risiko adalah Gratis.Pelayanan Pemeriksaan Program HIV ditujukan kepada ibu hamil, populasi kunci dan penderita TBC. Pemeriksaan Program Hepatitis B dilakukan terhadap sasaran ibu hamil sebagai upaya pencegahan terhadap penularan hepatitis dari ibu ke bayinya. Pemeriksaan Skrining TBC dilakukan dengan Pertanyaan Gejala dan Tanda yang kemudian bisa dilanjutkan dengan Pemeriksaan dahak. Dengan demikian, mohon maaf surat sehat dimaksud tidak dapat dilayani di puskesmas.Untuk surat keterangan sehat bebas HIV / AIDS, Hepatitis B dan TBC( Medical Check Up bebas HIV, Hepatitis B dan TBC ) bisa dilakukan di RSUD Ngudi Waluyo atau RSUD Srengat.Sekali lagi kami mohon maaf atas ketidaknyamanan pelayanan kepada bapak/ibu . Kami akan memastikan kejadian ini tidak terulang kembali. Terimakasih telah menyampaikan informasi yang sangat berharga kepada kami.
75
13/02/2025
SR
Assalamualaikum, Tolong untuk masalah pelayanan kesehatan di wilayah kabupaten blitar khususnya sanankulon , untuk semua pelayanan kesehatan ataupun kader” terutama di kegiatan posyandu sanankulon tolong diperbaiki, saya punya bpk yg sudah lansia umur 74 tahun saja mau intensi darah di posyandu katanya kader tidak etis untuk di dengar ( ” tidak ada undangan kog teko sahut kader tersebut ” ) , Sangat” tidak layak melayani. saya sebagai anak sangat sakit hati mndengar ucapan tersebut. bagimana kalau itu terjadi di kluarga anda ???? sya smpai mmtuskan pindah tmpat priksa trhadap bayi saya juga karena hal tersebut. kalau memang tidak bisa bekerja dan amanah sebagai petugas kader tolong petugasnya diganti saja. permintaan maaf sangatlah mudah dilakukan setiap orang , tpi apakah itu menjamin pelayanan mereka berubah ??? Melayani masyarakat kog tidak ada etika yg baik.
24/02/2025
Salam sehat, terima kasih atas masukan yang diberikan. Kami akan menindaklanjuti keluhan ini dan mengambil langkah untuk meningkatkan kapasitas kader dalam berkomunikasi guna memberikan pelayanan yang lebih baik.
76
17/02/2025
El
Asalamualaikum selamat malamMaaf sy mau bertanya ini d desa sy tepatnya tambimaron Binangun Blitar Sistim posyandunya kok seperti pilih kasih ya Saya memang ijin 2x/2bulan tidak datang posyandu tapi kok sama kadernya saya malah d gertak suruh pindah posyandu ya sedangkan sy warga asli dan KK binangun asli.dan kenapa hny sy yg d sorot sementara ada yg lain berbulan bulan tidak datang kok g d gertak dan juga ada balita yg belum lengkap identitas nya juga tidak d gertak …. Kok kader nya tidak sama sekali toleransi ya Terimakasih
24/02/2025
Salam sehat, terima kasih atas masukan yang Anda berikan. Kami akan menindaklanjuti hal ini dan berupaya meningkatkan keterampilan komunikasi para kader untuk memberikan pelayanan yang lebih baik.
77
01/05/2025
Ri
Saat ke IGD RSUD Srengat sangat menghindari jika Perawatnya bernama Dyah, waktu kesana ternyata tidak jaga dan akhir-akhir ini kesana tidak pernah bertemu. Oh mungkin dipindah ruangan, ternyata yang bersangkutan terjadwal masuk namun tidak ada, iseng2 tanya dan cari info ternyata dia ASN dan sudah tidak masuk sejak akhir April sampai hari ini. Pelayanan orang ini sangat judes, ga ramah, berharap kalau kesana tidak bertemu lagi dan ternyata enak juga jadi ASN di RSUD libur lama dan bisa diatur.
05/05/2025
Salam sehat, terima kasih atas informasi yang telah disampaikan. Hal ini akan menjadi perhatian kami dan akan segera kami tindak lanjuti sesuai dengan prosedur yang berlaku.
78
26/05/2025
DE
Assalamualaikum, permisi mau tanya Ini saya ada tetangga ternak hewan kambing, kandang nya ditempatkan dekat dgn sumur,, jarak hanya kurang lebih setengah meter,, apakah aman untuk air sumur dikonsumsi ????Sudah hampir 3th kandang dekat sumur..
26/05/2025
Salam sehat,Terkait keamanan air sumur yang letaknya sangat dekat dengan kandang kambing (sekitar setengah meter). Secara standar kesehatan lingkungan, berdasarkan form inspeksi kesehatan lingkungan sarana air minum, jarak minimal antara sumur dengan sumber pencemar seperti kandang ternak adalah 9 meter. Jika jaraknya kurang dari itu, maka risiko pencemarannya sangat tinggi.Namun, untuk memastikan apakah air sumur tersebut aman untuk dikonsumsi, diperlukan uji laboratorium guna mengetahui kualitas air secara bakteriologis maupun kimiawi.Jika Bapak/Ibu berminat melakukan pemeriksaan, bisa datang secara langsung ke Puskesmas terdekat atau ke Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda). Adapun biaya pemeriksaan air untuk parameter bakteriologis adalah sebesar Rp70.000.Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih.
79
26/05/2025
ek
terkena DB ada 3 orang
27/05/2025
Salam sehat,terkait laporan adanya 3 kasus DBD (Demam Berdarah Dengue), dapat kami sampaikan bahwa petugas telah menghubungi pelapor. Terima kasih atas partisipasinya dalam pelaporan kejadian ini.
80
17/06/2025
Ro
Izin bertanya pak, jika kartu kis/bpjs dari pemerintah hilang. Untuk prosedur pengurusan pembuatan kartu barunya bagaimana dan syaratnya apa saja ya? Disini saya masih punya kertas lembaran dari pemerintah yang tertulis nama-nama terdaftar, untuk fotonya saya kirim yaTerimakasih 🙏
19/06/2025
Salam sehat, terima kasih atas pertanyaannya. Sehubungan dengan hilangnya kartu KIS/BPJS, perlu kami informasikan bahwa saat ini peserta tetap dapat mengakses layanan kesehatan cukup dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera pada KTP. Selain itu, kartu peserta juga dapat diakses secara digital melalui aplikasi Mobile JKN. Saat ini, BPJS Kesehatan sudah tidak lagi mencetak kartu fisik, sehingga tidak diperlukan penggantian kartu secara cetak. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.
81
23/06/2025
Ek
Saya salah satunya pasien UROLOGI dari ratusan pasien di RS Ngudi Waluyo Wlingi. Setiap ada tindakan lanjutan mesti ke luar RS Ngudi ke RS kelas C. Alasan yang paling umum RS nggak punya alat. Saya heran padahal harga alat tersebut lebih murah dari inova , mohon Bupati , DPRD dan pemangku yang lain mendengar keluhan saya . Biar kami merasa kami ibu dan bapak yang mau ngurusin warganya. Saya bersedia di konfimasi.
24/06/2025
Salam sehat, kami sangat menghargai kepedulian Bapak terhadap pelayanan kesehatan di RSUD Ngudi Waluyo Wlingi. Keluhan ini akan kami tindaklanjuti dengan berkoordinasi bersama pihak terkait guna mencari solusi terbaik. Terimakasih
82
26/06/2025
Ek
Saya pasien urologi di RS Ngudi Waluyo wlingi.Mengingat jumlah pasien Urologi di kab blitar banyak banget di grup WA saya kisaran 100 lebih itu dari kabupaten saja.Yang paling saya sesalkan RS sebesar Ngudi , perangkat operasi Urologi saja tidak punya padahal harganya lebih murah dari inova yang di bagikan ke kadin kadin dllSebagai pembayar pajak dan masarakat yang butuh kesehatan yang paripurna , saya dan semua pasien urologi memerlukan peralatan tersebut.Mohon Bupati, DPRD dan kadinkes kab Blitar terakhir direktur RS Ngudi Waluyo memberi solusi.Masak URS aja RS tipe B ngrujuk ke RS tipe C lucu .
26/06/2025
Salam sehat, terima kasih atas perhatian dan aspirasi yang disampaikan terkait kebutuhan perangkat operasi Urologi di RSUD Ngudi Waluyo Wlingi. Kami memahami sepenuhnya kekhawatiran dan harapan masyarakat, khususnya para pasien Urologi, terhadap peningkatan fasilitas dan mutu layanan kesehatan di Kabupaten Blitar.Perlu kami sampaikan bahwa pengadaan alat kesehatan, termasuk perangkat operasi Urologi, merupakan proses yang harus melalui tahapan perencanaan, penganggaran, serta prosedur administrasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Oleh karena itu, diperlukan waktu dan koordinasi agar segala sesuatu dapat berjalan secara tertib, transparan, dan akuntabel.Kami mohon kesabaran dan pengertian dari seluruh masyarakat dalam menyikapi hal ini. Kami berkomitmen untuk terus mendorong peningkatan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan demi memenuhi kebutuhan dan kepentingan masyarakat secara berkelanjutan. Terimakasih.
83
27/06/2025
Sa
saya sudah mengajukan bpjs kis untuk anak saya. sudah satu tahun yg lalu. bahkan lebih. tapi tidak ada kelanjutan hingga sekarang. mohon bantuannya
01/07/2025
Salam sehat, Perlu kami sampaikan bahwa pengajuan KIS melalui jalur DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) atau dari Desa memang memerlukan waktu yang cukup lama. Hal ini karena prosesnya melibatkan verifikasi dan validasi data secara berjenjang, mulai dari tingkat desa/kelurahan, kemudian ke Dinas Sosial kabupaten/kota, dan selanjutnya dikirim ke Kementerian Sosial di tingkat pusat. Mengingat antrian pengajuan berasal dari seluruh Indonesia, proses ini bisa memakan waktu berbulan-bulan bahkan lebih dari satu tahun. Kami sarankan untuk secara berkala mengecek status pengajuan di Dinas Sosial setempat. Terima kasih atas pengertiannya.
84
08/09/2000
An
Bagaimana cara cek pirt? Saya klik tidak muncul data pirt saya
02/07/2025
Salam sehat, kami telah melakukan pengecekan terhadap nomor PIRT Saudara. Berdasarkan hasil tersebut, diketahui bahwa masa berlaku perizinan Saudara telah berakhir pada Desember 2024. Mohon untuk dapat melakukan registrasi ulang melalui OSS (Online Single Submission) atau dengan menghubungi Dinas PTSP setempat. Terima kasih.
85
17/07/2025
Di
Selamat malam saya mau tanya, terkait peraturan rujukan di faskes pertama, hari ini istri saya meminta perpanjangan rujukan di faskes pertama tepatnya di Puskesmas Boro Kecamatan Selorejo Kabupaten Blitar, anak saya mengalami bintitan dimata sebelah kiri dan bintitan itu lumayan banyak ada 3, 1 diatas dan 2 dibawah, dlu waktu awal sudah periksa ke faskes pertama tersebut tapi setelah 3 pengobatan tidak ada hasilAkhirnya saya minta untuk dirujuk ke RS yang ada dokter spesialis matanya, tapi itupun gak langsung dikasih dengan alasan bintitan tidak bisa dirujuk, diobati saja di puskesmas, TAPI KENYATAAN nya 3 kali pengobatan di puskesmas tidak ada hasil. Akhirnya setelah saya argumen dengan beberapa bidan disana akhirnya dikasih rujukan, rujukan nya itupun tidak langsung diarahkan ke RS yang ada dokter spesialis mata, tapi diarahkan ke RS dengan tujuan dokter spesialis anak, singkat cerita saya datang ke RS yang di tuju ituDisana ya tidak ada hasil karena dokter spesialis anak tidak bisa menangani mataAlhasil dari RS tersebut baru dirujuk di RS yang ada dokter spesialis mata, Nah setelah beberapa bulan saya ke dokter spesialis mata dan harus kontrol tiap minggunya, kebetulan pada tanggal 14Juli 2025 rujukan untuk anak saya habis, otomatis dari RS diarahkan untuk memperpanjang rujukan tersebut, tapi hari ini ketika istri saya datang ke puskesmas tersebut tidak dikasih rujukan lagi, malah dari pihak puskesmas menyalahkan istri saya karena dulu telah memberi rujukan jadi bidan disana ke sanksi kata oknum bidan tersebut, dan oknum bidan tersebut pun malah bilang, KALAU DISINI SULIT CARI RUJUKAN SILAHKAN PINDAH FASKES, apakah memang produser pelayan BPJS di puskesmas seperti itu, alhasil tetoa surat rujukan nya tidak diperpanjang oleh puskesmas tersebut, sedangkan anak syaa harus tetap kontrol masih dalam pengawasan dokter, kalau saya tidak dikasih rujukan dan harus pakai umum terus bagaimana, saya tiap bulan juga membayar BPJS, terus saya tiap bulan membayar BPJS tapi tidak bisa digunakan bagaimana, mohon arahan, petunjuk dan pencerahannyaSelamat Malam terimakasih
23/07/2025
Salam sehat, terima kasih atas informasi dan keluhan yang telah disampaikan, kami akan menindaklanjuti dan melakukan konfirmasi langsung ke Puskesmas terkait.
86
17/07/2025
Di
Selamat malam, saya mau bertanya dan meminta informasi tentang mekanisme pelayanan yang ada di puskesmas, begini ceritanya, anak saya berusia 3,5 tahun, anak saya ada bintitan/timbilan dimata sebelah kiri, atas ada 1 benjolan dan bawah ada 2 benjolan, saya berobat ke puskesmas Boro yang berada di Kecamatan Selorejo Kab. Blitar, setelah 3 kali beobat ke puskesmas tersebut bintitan tindak kunjung hilang, sampai akhirnya berjalan 1 bulan lebih tidak hilang dan saya minta rujukan untuk periksa ke RS yang ada dokter spesialis matanya, awal saya meminta tidak dikasih dengan alasan bintitan tidak bisa di rujuk, tapi saya berargumen, terus solusi bagaimana sudah berobat 3x dipuskesmas tersebut tapi juga gak sembuh,makanya saya minta rujukan, tapi tetap tiidak dikasih, akhirmya saya berobat ke RS yang ada spesialis mata dengan umum (tidak menggunakam BPJS), setelah saya berobat sama dokter spesialis mata diarahkan untuk pakai BPJS saja karena punya BPJS dengan meminta rujukan ke faskes pertama, dari dokter dikasih surat pengantar juga, tapi setelah saya bwa ke puskesmas tersebut untuk minta rujukan dengan membawa surat pengantar tetap tidak mau kasih rujukan, akhirnya dengan berdebatan dengan oknum bidan disana saya dikasih rujukan, itupun saya dikasih rujukan ke RS yang tidak ada dokter spesialis mata malah dikasih rujukan ke poli spesialis anak, beberapa hari berikutnya saya datang ke RS yang terdapat dirujukan tersebut, alhasil anak saya tidak diperiksa karena dokter spesialis anak juga tidak bisa menangani, akhirnya baru dari RS tersebut di rujuk ke RS yang ada spesialis mata (SAYA MERASA DIPIMPONG), singkat cerita anak saya mulai berobat menggunakan rujukan ke RS yang ada spesialis mata, setelah beberapa kali pengobatan alhamdulilah bintitannya mulai mengecil, tapi anak saya dianjurkan seminggu sekali masih kontrol, pada tanggal 14 Juli 2025 rujukan saya habis masa berlakunya, dan dari RS tesebut di arahkan untuk memperpanjang rujukan tersebut ke Faskes pertama lagi, alhasil hari ini saya mau minta rukukan TIDAK DIKASIH LAGI DENGAN BERBAGAI ALASAN PADAHAL SAYA JUGA MEMBAWA SURAT PENGANTAR DARI DOKTER, tapi tepat tidak dikasih, masalahnya anak saya harus masih kontrol dengan pengawas dokter kalau tidak dikasih rujukan lagi, bagaimana, sedangkan saya juga punya BPJS, setiap bulan bayar tidak pernah telat, MASAK SAYA HARUS PERIKSA PAKAI UMUM LAGI, dari puskesmas tersebut tepat tidak dikasih rujukan tapi cuma dikasih obat dan salep, masalahnya kan OBATNYA BEDA. ada juga salah 1 oknum bidan (namanya UTAMI) bilang, KALAU DISINI (PUSKESMAS) SULIT MINTA RUKUKAN PINDAH SAJA FASKESNYA, apakah pantas berkata seperti itu.Mohon pencerahan dan tanggapan nya, apakah prosedur pelayanan dipuskesmas seperti itu untuk meminta rujukan.Selamat malam dan terima kasih.
23/07/2025
Salam sehat, terima kasih atas keluhan yang telah disampaikan. Kami akan melakukan verifikasi dan koordinasi lebih lanjut dengan pihak Puskesmas terkait untuk menindaklanjuti permasalahan yang disampaikan.
87
22/07/2025
Af
Laporan terkait imunisasi bayi di dusun klepon desa sidodadi kecamatan garum kabupaten blitar, bayi saya lahir pada 15 mei 2025, tgl 16 mei sudah laporan kelahiran ke kader wilayah. Sudah ikut posyandu tapi tetap belum mendapatkan imunisasi BCG padahal bayi sudah 2 bulan lebih, sudah di tanyakan ke kader dan bidan desa jawabannya tetap menunggu info selanjutnya. Sedangkan saya dapat info teman saya yg punya bayi dengan usia yg sama dengan anak saya, di wilayah lain sudah dapat imunisasi tersebut sebelum usia nya 1 bulan. Waktu saya konsul ke DSA dokternya bilang kalau BCG harus di imunisasi sebelum usia 2,5 bulan. Jadi kalau memang belum ada info dari posyandu saya harus imunisasi BCG di DSA dan itu berbayar. Padahal imunisasi sudah jadi program pemerintah yang harusnya di kejar dan di perhatikan untuk anak anak indonesia agar perkembangan dan daya tahan tubuhnya bagus. Saya juga sudah tanya ke puskesmas garum terkait jadwal imunisasi tapi jawabannya di kembalikan ke posyandu wilayah
23/07/2025
Salam sehat, kami mengucapkan terima kasih atas informasi yang Ibu sampaikan. Terkait keluhan tersebut, kami akan segera berkoordinasi dengan Puskesmas terkait guna memperoleh klarifikasi serta memastikan kelancaran layanan imunisasi di wilayah tersebut.
88
23/07/2025
Af
Selamat pagi, terkait pengaduan saya 22/7/2025 ttg imunisasi di desa sidodadi, hari ini saya sudah bertemu dg bidan desa. Beliau menyampaikan bahwasannya bayi saya sudah mendapat undangan imunisasi BP1 di bulan JUNI, tetapi undangan dan informasi tersebut tidak sampai ke saya, katanya krn saya blm masuk groub posyandu dan saya ikut posyandu di wilayah yg tidak sesuai alamat KK. Saran saya mohon untuk pelaksanaan SOP nya lebih di disiplinkan lagi. Agar informasi informasi bisa 100% sampai ke pasien
23/07/2025
Salam sehat, terima kasih telah menginformasikan hal ini. Kami akan berkoordinasi dengan pihak Puskesmas setempat untuk memastikan penyampaian informasi dan pelaksanaan SOP berjalan lebih baik dan tepat sasaran di masa mendatang.
89
27/07/2025
Sa
Pada tanggal 25 anak saya sesak napas masuk IGD (nebulizer) stelah selesai pelayanan saya diminta membayar sebesar 70rb untuk biaya alat+obat setau saya biasanya gratis apakah ini bisa dikategorikan pungli ?
28/07/2025
Salam sehat, terima kasih atas pertanyaannya. Perlu kami sampaikan bahwa pelayanan yang diberikan sudah sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) mengenai pajak daerah dan retribusi daerah yang berlaku dan digunakan secara seragam oleh seluruh puskesmas di Kabupaten Blitar. Biaya yang dikenakan mencakup penggunaan alat dan obat, dan tarif tersebut berlaku bagi pasien umum, yaitu pasien yang tidak menggunakan Jaminan BPJS. Terimakasih.
90
30/07/2025
Am
Saya berobat difaskes 1 puskesmas bacem dengan keluhan batuk pilek sesak nafas kemudian bidan menyarankn untuk nebul setelah selesai disuruh mbayar biaya alat dan obat sedangkan saya terdaftar di BPJS aktif ini kejadian pada TGL 25-7-2025 apakah ini Sudah sesuai procedure bpjs?
01/08/2025
Salam sehat, terima kasih atas pertanyaan yang disampaikan. Terkait hal tersebut, tim kami akan menghubungi Saudara untuk memberikan penjelasan lebih lanjut.
91
31/07/2025
m
dugaan mal praktek di desa banggle Kanigoro Blitar timur masjid banggle
01/08/2025
Salam sehat, terkait dugaan malpraktek di Desa Banggle, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar (tepatnya di timur Masjid Banggle), kami mengapresiasi informasi ini dan akan segera melakukan pengecekan serta koordinasi lebih lanjut.
92
07/08/2025
Ni
kondisi saya sedang hamil kemudian lab anc terpadu di puskesmas garum hasil hbsag nya katanya samar kemudian saya lab lagi di rumah sakit aminah blitar dan ternyata hasilnya non reaktif. kemudian hasil dari lab tersebut saya kirim ke salah satu pihak puskesmas garum yg sering menanyakan saya sudah lab apa belum. dan yang ingin saya tanyakan jika hbsag sudah non reaktif kenapa dari salah satu pihak puskesmas terus mendesak saya untuk lab hbeag bukankah lab itu dilakukan jika hbsag nya reaktif.. jujur itu membuat saya stress hasil sudah negatif terus mendesak lab hbeag.
08/08/2025
Salam sehat, terima kasih atas informasi dan penjelasan yang telah disampaikan. Kami akan melakukan penelusuran lebih lanjut mengenai apa yang sebenarnya terjadi di Puskesmas. Kami berkomitmen untuk memastikan pelayanan berjalan sesuai standar yang berlaku. Terimakasih.
93
10/09/2025
Vi
Ijin mau tanya, waktu posyandu ILP itu kan ada pengecekan gula darah, asam urat dan kolesterol, itu sebenarnya memang berbayar atau gratis ya? Soale di desa saya Bendosari sanankulon berbayar, sedangkan di desa lain kaya purworejo itu info yg saya dapet gratis, mohon infonya terimakasih
12/09/2025
Salam sehat, berdasarkan penelusuran kami, sebelum adanya program ILP telah ada kesepakatan antara kader dan sasaran posyandu bahwa pemeriksaan gula darah diberikan gratis, sementara pemeriksaan asam urat dikenakan biaya Rp5.000 dan kolesterol Rp25.000, dana tersebut secara administratif dikelola oleh kader. Namun apabila terdapat bantuan dari Dinas Kesehatan, maka seluruh pemeriksaan tersebut dapat dilakukan secara gratis dan informasi mengenai hal tersebut diumumkan kepada sasaran posyandu Terimakasih.