You are here
Home > Berita > Workshop Pemahaman Instrumen Akreditasi dan Tinjauan Manajemen Puskesmas

Workshop Pemahaman Instrumen Akreditasi dan Tinjauan Manajemen Puskesmas

Dinas Kesehatan melakukan kegiatan Workshop Pemahaman Instrumen Akreditasi dan Tinjauan Manajemen Puskesmas pada tanggal 22 – 24 Juli 2019 di Hotel Grand Mansion Blitar. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Bidang Pelayanan Kesehatan ini diikuti oleh 24 Puskesmas se Kabupaten Blitar, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dr.Christine Indrawati,Mkes dalam sambutannya menyampaikan bahwa  tujuan kegiatan ini untuk pengenalan instrumen akreditasi yang baru bagi Puskesmas. Banyaknya elemen penilaian yang harus dipahami oleh Puskesmas sangat dibutuhkan pemahaman bersama guna meningkatkan mutu pelayanan sesuai dengan standart. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari dengan narasumber dari Kementerian Kesehatan didampingi oleh tim akreditasi Kabupaten.

Setelah semua Puskesmas di Kabupaten Blitar selesai dilaksanakan akreditasi pada tahun 2018 lalu, maka tahun 2019 ini akan dilaksanakan kembali kegiatan re-akreditasi bagi 2 Puskesmas yaitu Puskesmas Wonodadi dan Puskesmas Srengat.

Dengan penerapan instrumen penilaian akreditasi 2019 yang baru, maka sangat diperlukan adanya pertemuan ini yang melibatkan seluruh Puskesmas sebagai obyek penilaian dengan tim akreditasi Kementerian Kesehatan. Jadwal re-akreditasi bagi Puskesmas akan terus berjalan sampai tahun berikutnya sehingga Puskesmas dapat menyiapkan segala sesuatunya untuk kegiatan di tempat masing-masing. Diharapkan semua Puskesmas dapat lolos  kembali akreditasinya, minimal hasilnya adalah sama dengan tahun lalu dan apabila memungkinkan bisa naik status akreditasinya, yang berarti bahwa akan semakin baik tingkat mutu pelayanan kesehatan di Kabupaten Blitar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Top