Posko Kesehatan dan Pos Pantau dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1440 H

Dalam rangka situasi khusus operasi Ketupat Semeru Tahun 2019 dan meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB), wabah, musibah/kecelakaan dan bencana maka dibentuk Posko Kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan selama 24 jam penuh di sepanjang jalur mudik dan arus balik serta di lokasi wisata. Kegiatan tersebut rutin dilaksanakan setiap tahun selama Hari Raya Idul Fitri, pembentukan tim kesehatan mulai H-7 dan berakhir H+5  lebaran. Bersama dengan intansi terkait lainnya dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan, PMI dan Relawan, tim Kesehatan bergabung di dalamnya guna memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Tahun 2019 didirikan Posko Kesehatan di 5 titik yang berada di lokasi strategis jalur mudik yaitu di Kesamben, Kanigoro, Kademangan, Srengat dan Nglegok serta terdapat 5 titik Pos Pantau di lokasi wisata Kabupaten Blitar yaitu di Pantai Jolosutro, Pantai Tambakrejo, Pantai Serang, Pantai Pangi dan wisata Kampung Coklat.

Posko Kesehatan dan Pos Pantau melibatkan seluruh Rumah Sakit, Puskesmas dan Klinik baik milik Pemerintah maupun swasta di Kabupaten Blitar dengan jadwal yang telah dibagi oleh Dinkes. Tim kesehatan di setiap Pos minimal terdapat 2 tenaga medis/paramedis dibantu satu orang petugas ambulance untuk mengantisipasi rujukan kasus kecelakaan dan penanganan kesehatan lainnya.

Penyiapan Tim Gawat Darurat, Tim Gerak Cepat (TGC) dan evakuasi medik untuk mengantisipasi terjadinya kondisi darurat kejadian luar biasa (KLB), wabah, bencana dan musibah dengan alur penanganan langsung korban di lapangan dan berkoordinasi dengan Rumah Sakit/Puskesmas dan Sarana Kesehatan terdekat, menghubungi PSC (Publick Safety Center) Kabupaten Blitar dan Tim Dinas Kesehatan yang siap memberikan bantuan selama Hari Raya Idul Fitri.

Di Posko Kesehatan juga disediakan minuman Stamiga (Stan Minuman Toga) oleh Dinas Kesehatan gratis untuk petugas dan pemudik yang beristirahat sejenak setelah perjalanan jauh guna memulihkan energinya.

Dengan adanya Posko Kesehatan dan Pos Pantau di lokasi wisata ini semoga dapat memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Blitar dan kepada seluruh masyarakat yang sedang mudik melintas jalur Blitar.

(Foto depan : Bupati Blitar, Kepala Dinas Kesehatan dan jajaran Kepolisian serta TNI meninjau Posko di Nglegok)