You are here
Home > Berita > Pertemuan Integrasi Laporan Imunisasi dengan Aplikasi Simpustronik

Pertemuan Integrasi Laporan Imunisasi dengan Aplikasi Simpustronik

Pertemuan Integrasi Laporan Imunisasi dengan Aplikasi Simpustronik dilaksanakan di ruang Perdana, Pemkab Blitar, Jl.Sudanco Supriyadi 17 Blitar, pada tanggal 23 Juli 2019, acara dibuka oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Bpk.Agus Suparnadi, SE,MMKes. Sebanyak 48 peserta pertemuan yang berasal dari perwakilan masing-masing Puskesmas hadir dalam pertemuan ini, terdiri dari Petugas koordinator imunisasi dan Bidan Puskesmas. Acara dimulai pukul 08.30 WIB dengan langsung praktek entry pelaksanaan imunisasi di wilayah ke aplikasi Simpustronik.

Tujuan pertemuan ini adalah pengenalan alat bantu dalam pencatatan dan pelaporan (Simpustronik) untuk mendapatkan data yang akurat, berkualitas dan evidence base di bidang kesehatan yang bersumber dari pelayanan Puskesmas. Banyaknya fasilitas kesehatan di Kabupaten Blitar membuat transaksi data begitu cepat dan menuntut penyediaan data secara real time atau dapat diketahui secara langsung oleh pimpinan. sehingga diperlukan adanya aplikasi guna membantu tujuan dimaksud, terlebih data kesehatan banyak macam dan jenisnya yang dapat diolah menjadi suatu informasi sehingga nantinya akan menjadi dasar pengambilan kebijakan pembangunan kedepan.

Integrasi Laporan Imunisasi dengan Aplikasi Simpustronik sebagai salah satu terobosan penyediaan data secara cepat dapat dilihat pada dashboard Kabupaten, sehingga peran Puskesmas dalam melakukan entri data dalam pelayanan kesehatan di Puskesmas dan jaringannya sangat diperlukan.

Dengan telah terintegrasinya pelaporan imunisasi ini diharapkan seluruh Puskesmas dapat segera melaksanakan entri ke dalam aplikasi sehingga dapat mempercepat informasi capaian pelaksanaan imunisasi rutin di seluruh Puskesmas, termasuk evaluasi manajemen tingkat Kabupaten oleh Dinas Kesehatan.

 

Top